Senin, 14 Desember 2009


Jika kita lihat perkembangannya saat ini, jumlah pengendara sepeda motor meningkat sangat pesat. Terlebih karena saat ini banyak sekali layanan yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk membeli sepeda motor.

maludongNamun peningkatan jumlah tersebut ternyata juga membawa peningkatan terhadap jumlah angka kecelakaan lalu lintas. Khususnya roda 2. Ketidakpatuhan para pengendara terhadap aturan lalu lintas banyak melatarbelakangi terjadinya kecelakaan tersebut. Data kepolisian menyebutkan bahwa pada tahun 2004 telah terjadi 14.223 kecelakaan yang melibatkan sepeda motor. Dengan kata lain, pada tahun 2004 setiap hari ada 39 kecelakaan yang melibatkan sepeda motor. (Sumber : kompas.com)

Untuk mengurangi bahaya kecelakaan bagi pengendara, telah dianjurkan oleh pihak kepolisian agar selalu menggunakan peralatan standar pengamanan, seperti helm standard, jaket, sarung tangan, rompi, dll.

helmMenggunakan helm terbukti sangat berguna. Keefektifannya sudah dibuktikan oleh banyak studi yang dapat dipertanggung jawabkan. Pendapat seperti helm membahayakan leher, mempersempit lingkup penglihatan, mengganggu pendengaran sudah berkali-kali dibuktikan tidak tepat. Pengendara yang sadar keselamatan selalu menggunakan helm sebagai sebuah pilihan tanpa paksaan dan seharusnya kita semua seperti itu.

Helm standar adalah :
Helm yang berfungsi melindungi beberapa bagian vital kepala. Seperti tulang tengkorak, tengkuk, mata, telinga, tulang pipi dan dagu. Dalam hal ini dianjurkan menggunakan helm berjenis full face atau minimal half face. Dan sangat tidak dianjurkan menggunakan helm batok atau helm proyek. Karena helm dengan jenis batok/proyek tidak melindungi bagian vital kepala.

ncomBeberapa fungsi helm standar pada saat berkendara, yaitu :
- Mengurangi bising dari angin yang didengar telinga.
- Mengurangi hembusan keras angin ke muka dan mata.
- Melindungi dari banyak benda-benda terbang di udara seperti serangga.
- Helm memberikan kontribusi kenyamanan saat kondisi cuaca yang berubah,
- Dan tentu saja mengurangi kelelahan pengendara.

Beberapa fungsi helm standar pada saat terjadi kecelakaan, yaitu :
- Meminimalisasi benturan keras pada kepala.
- Menghindari gesekan pada kepala, apabila saat terjadi kecelakaan korban terseret.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar